Vol. 8 No. 1 (2020): April
Open Access
Peer Reviewed

Analisis Waste dengan Model Lean Hospital pada Pelayanan Poli Rawat Jalan

Authors

Selly Apriani Lestari , Chriswardani Suryawati , J Sugiarto

DOI:

10.25047/j-kes.v8i1.133
Received: 2020-01-18
Accepted: 2020-04-27
Published: 2020-05-30

Abstract

Salah satu indeks terpenting dari kualitas pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah waktu tunggu pelayanan. Manajemen lean adalah metode yang dapat meningkatkan proses pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat mempersingkat waktu tunggu. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi waste yang terjadi dalam pelayanan rawat jalan. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan melalui observasi langsung, in-depth interview, dan Focus Group DIscussion. Penelitian menunjukkan bahwa total rata-rata waktu tunggu untuk pasien rawat jalan di klinik penyakit dalam adalah 199 menit untuk pasien umum dan 408,4 menit untuk pasien JKN. Aktivitas terpanjang dalam rawat jalan adalah menunggu di loket pendaftaran dengan nilai rata-rata 27,5 menit untuk pasien umum dan 147,2 menit untuk pasien JKN.  Kedua menunggu aktivitas dokter dengan nilai rata-rata 83,3 menit untuk pasien umum dan 132,6 menit untuk pasien JKN dan yang ketiga menunggu obat di apotek 41,7 menit untuk pasien umum dan 72,9 menit untuk pasien JKN. Waste yang ditemukan saat penelitian yaitu defect, overproduction, transportation, waiting, inventory, motion, overprocessing, and non-utilized talent. Penelitian ini membuktikan penerapan prinsip, alat, dan metode lean dapat mengidentifikasi dan mengeliminasi waste di pelayanan rawat jalan, sehingga menurunkan waktu tunggu dan meningkatkan kualitas pelayanan

Keywords:

Lean, Pelayanan Rawat Jalan, Waste

References

Alam, S. et al. (2018) ‘Reducing pharmacy patient waiting time’, International Journal of Health Care Quality Assurance. Emerald, 31(7), pp. 834–844. doi: 10.1108/IJHCQA-08-2017-0144.

Almoosa, K. F. et al. (2016) ‘Applying the new institute for healthcare improvement inpatient waste tool to identify “waste” in the intensive care unit’, Journal for Healthcare Quality, pp. e29–e38. doi: 10.1097/JHQ.0000000000000040.

Aswar Nandkeshav R, Kale Kalpana M, Rewatkar Mangesh P, Jain Akanksha, B. B. S. (2014) ‘Patients’ waiting time and their satisfaction of health care services provided at outpatient department of government medical college’, 4(April), pp. 1–3.

Brajer-Marczak, R. and Wiendlocha, A. (2018) ‘Lean Management Concept in Hospital Management – Possibilities and Limitations’, Management Sciences, 23(1), pp. 4–12. doi: 10.15611/ms.2018.1.01.

Burgess, N. and Radnor, Z. (2014) ‘Evaluating Lean in healthcare’. doi: 10.1108/09526861311311418.

Ev, G. and Antony, J. (2014) Reducing Patient Waiting Time in Outpatient Department Using Lean Six Sigma Methodology, Quality and Reliability Engineering International. doi: 10.1002/qre.1552.

Gaspersz, V. (2007) Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries.

Graban, M. (2009) Lean Hospitals : improving quality, Patient Safety, and employee satisfaction., Productivity Press, New York. World Health Organization.

Gupta, S., Kapil, S. and Sharma, M. (2018) ‘Improvement of laboratory turnaround time using lean methodology’, International Journal of Health Care Quality Assurance, 31(4), pp. 295–308. doi: 10.1108/IJHCQA-08-2016-0116.

Ishijima, H., Eliakimu, E. and Mshana, J. M. H. (2016) ‘The “5S” approach to improve a working environment can reduce waiting time: Findings from hospitals in Northern Tanzania’, TQM Journal, 28(4), pp. 664–680. doi: 10.1108/TQM-11-2014-0099.

Shiu, J. and Mysak, T. (2017) ‘Pharmacist Clinical Process Improvement: Applying Lean Principles in a Tertiary Care Setting’, Can J Hosp Pharm, 70(2), pp. 138–43.

Womack, J. et al. (2005) ‘Innovation series: going lean in health care’, Institute for Healthcare Improvement, p. 21.

Author Biographies

Selly Apriani Lestari, Rumah Sakit dr. Soeratno Gemolong, Sragen, Jawa Tengah

Chriswardani Suryawati, Program magister ilmu kesehatan masyarakat universitas diponegoro

J Sugiarto, Program magister ilmu kesehatan masyarakat universitas diponegoro

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Lestari, S. A., Suryawati, C., & Sugiarto, J. (2020). Analisis Waste dengan Model Lean Hospital pada Pelayanan Poli Rawat Jalan. Jurnal Kesehatan, 8(1), 16–25. https://doi.org/10.25047/j-kes.v8i1.133

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.