Analisis kepuasan pasien BPJS rawat jalan dengan metode Servqual, CSI, dan IPA di klinik dr. M. Suherman
DOI:
10.25047/j-kes.v5i2.25Downloads
Abstract
Permasalahan terkait kepuasan pasien masih terjadi dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Salah satu institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan adalah klinik. Klinik dr. M. Suherman merupakan klinik pratama yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Data laporan bulanan jumlah kunjungan pasien BPJS yang mendapatkan pelayanan rawat jalan di Klinik dr. M. Suherman tahun 2015 secara garis besar mengalami peningkatan dari 40,73% pada bulan Januari menjadi 62,52% pada bulan Desember. Akan tetapi, peningkatan angka kunjungan pasien tidak selalu disertai dengan peningkatan kepuasan pasien. Observasi awal terhadap 14 pasien BPJS yang mendapatkan pelayanan rawat jalan menunjukkan bahwa 9 diantaranya menyatakan bahwa pelayanan kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi persepsi dan harapan berdasarkan lima dimensi mutu, mengukur serta menganalisis tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat jalan. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode SERVQUAL dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan pasien. Metode Importance Peformance Analysis (IPA) digunakan untuk menganalisis prioritas masalah demi perbaikan kualitas layanan. Hasil pengukuran dengan metode SERVQUAL diperoleh bahwa gap tertinggi berada pada dimensi Daya Tanggap (Responsiveness). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) menyatakan bahwa persentase kepuasan pasien adalah 79,958%. Hasil analisis dengan metode Importance Peformance Analysis (IPA) menyatakan bahwa terdapat 5 atribut yang menjadi prioritas utama.References
David, Hariyanti, T., Widayanti. 2014. “Hubungan Keterlambatan Kedatangan Dokter Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan”. Jurnal Kedokteran Brawijaya. Hal 3-4
Dewan Jaminan Sosial Nasional. 2012. Peta Jalan Menuju Jaminan Sosial Nasional 2012-2019. Jakarta
Pohan, I. S. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: ECG
Puspitasari, R. 2013. Kepuasan Pasien Jamsoskes Terhadap Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Jember Klinik dengan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Skripsi. Politeknik Negeri Jember
Rahayu, I. 2016. Sistem Pendukung Keputusan untuk Menganalisa Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Menteri Kesehatan RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 tentang Klinik. Jakarta.
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
1. Copyright belongs to the medical journal as a publication
2. The author retains copyright and grants the journal rights to the first publication carried out simultaneously under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with an acknowledgment of the author's work and initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the work (eg sending it to an institutional repository or publishing it in a book) with acknowledgment of initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post work online (eg in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as before and larger citations of published work (see Effects of Open Access).
Selengkapnya tentang teks sumber ini



