Abstract
Flashcard adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 8 x 12 cm. Gambar pada flashcard dibuat menggunakan foto atau memanfaatkan gambar yang sudah ada dan ditempelkan pada lembaran-lembaran flashcard. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media pendidikan kesehatan berupa flashcard anemia pada siswi di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian adalah Research and Development dengan subjek penelitian yaitu siswi, praktisi, ahli materi, ahli media dan guru. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner, wawancara, panduan FGD, dan angket penilaian. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember pada bulan Mei-Juli 2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan FGD. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan uji kelayakan produk yang akan dikembangkan menggunakan skala likert. Media flashcard ini dikembangkan dengan menggunakan model Borg and Gall. Hasil observasi menggunakan kuesioner kepada 51 siswi diperoleh hasil sebanyak 82% setuju bahwa media flashcard dapat membantu dalam proses penambahan pengetahuan mengenai anemia. Hasil rata-rata penilaian untuk seluruh aspek pada media pembelajaran flashcard menurut penilaian ahli media yaitu 92.72%. Rata-rata penilaian menurut ahli materi untuk seluruh aspek pada isi media pembelajaran flashcard yaitu 97.5% dan menurut praktisi rata-rata penilaian yaitu 90% dan rata-rata penilaian menurut guru yaitu 98.33% sehingga dapat dikatakan media pembelajaran berupa flashcard termasuk dalam kategori “layak”.
Keywords:
Anemia, Flashcard, Media PendidikanReferences
Brown, H.D. (2008). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, edisi kelima, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta
Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan. 4(1). Sitasi 14 Februari 2018
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2007). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI
----------. (2013). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nugroho, Y.S., Nurkamto, J., and Sulistyowati, H. (2012). Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Flash Cards, English Education Journal, 1(1).
Susilana, R., Riyana, C. (2009). Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sarwono, S.W. (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
World Health Organization. (2011). The Global Prevalence Of Anemia In 2011. Geneva: World Health Organization
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pasca sarjana X – ITS, Surabaya 4 Agustus 2010 ISBN No. 979-545-0270-1
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
1. Copyright belongs to the medical journal as a publication
2. The author retains copyright and grants the journal rights to the first publication carried out simultaneously under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with an acknowledgment of the author's work and initial publication in this journal.
3. Authors may enter into separate additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the work (eg sending it to an institutional repository or publishing it in a book) with acknowledgment of initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post work online (eg in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as before and larger citations of published work (see Effects of Open Access).
Selengkapnya tentang teks sumber ini



